Kalau motor sudah mulai rewel, paling nyebelin! apalagi bagi yang mau
mudik naik motor. Jangan buru-buru menyalahkan motor Anda, bisa jadi
Andalah yang kurang merawat motor. So tak ada salahnya mengintip tips
merawat motor berikut!
Cek Kondisi Oli
Oli mesin ini sangat penting peranannya untuk melumas komponen-komponen
mesin, seperti stang seher, seher, dan ring seher, kruk as dan noken as
atau stang klep. Jika keberadaan minyak pelumas sudah berwarna
kehitam-hitaman atau kelenturan daya lumasnya berkurang, maka sebaiknya
diganti. Ganti oli secara berkala dan gunakan sesuai dengan rekomendasi
pabrikan.
Cek Kondisi Aki
Jangan biarkan air accu melewati batas maksimum dan minimum yang
akibatnya bisa mempercepat kerusakan pada sel-sel accu. Tambahkan Aki pada pagi hari.
Jangan biarkan Baterai
atau accu yang sudah mulai melemah, segeralah menggantinya, bukan hal
baik jika anda tetap memaksa menggunakannya. Jika tetap dipaksakan
kedua kutub positif dan negatif akan mengeluarkan korosi (serbuk putih)
yang akan menjalar ke bagian kabel-kabel utama yang menghubungkan Arus listrik ke saluran lampu, dinamo, atau bagian-bagian lainnya.
Jika memang motor anda mengalami hal tersebut, arus listrik yang
dihantarkan baterai atau accu tidak sempurna akan menyebabkan kerusakan
pada komponen dinamo, kontak mesin maupun switch lampu. Satu hal yang
perlu diperhatikan jika accu sudah lemah atau tidak mampu di starter
dan distarter, jangan memaksa mendorong sepeda motor untuk
menghidupkannya sebab hanya akan merusak gigi transmisi.
Periksa Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor, atau terlalu kencang. Terlalu
kendor bisa membuat rantai copot dari girnya, sementara terlalu kencang
bisa mengakibatkan putus rantai. Cek juga kondisi gir, jika sudah tajam
segera ganti karena jika tidak rantai bisa tiba-tiba putus. Bahaya kan,
kalo lagi ngebut tiba-tiba putus rantai?
Periksa Kabel Koil dan Busi
Perhatikan keberadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke
busi. Cepat ganti kabel yang kelihatannya sudah cukup umur dan banyak
terlihat keretakan dan pengerasan pada kabel. Jangan lupa perhatikan
keberadaan busi karena busi sangat vital untuk kelancaran sebuah mesin
kendaraan.
Perhatikan Selang Bensin
Selang bensin ke karburator juga merupakanm komponen yang layak
diperhatikan. Jangan membiarkan kondisi selang bensin mengeras atau
terjadi retakan-retakan, karena bagian dalam selang bisa jadi sudah
tidak elastis dan mengakibatkan serbuk kotoran yang berasal dari selang
terbawa ke karburator. Pada akhirnya akan terjadi penyumbatan suplai
bensin dari tanki ke karburator sehingga mengganggu sistem pembakaran.
Panaskan Mesin paling lama 2 Menit
Panaskan mesin sebelum motor dijalankan, tak perlu lama-lama cukup 1-2
menit agar sirkulasi oli bisa melumasi seluruh bagian dalam mesin yang
bergerak. Jangan terlalu lama memanaskan karena akan membuat pipa
knalpot menguning selain itu Anda pasti tak mau buang-buang bensin
khan?.
Periksa tekanan angin ban
Jangan terlalu keras dan juga jangan kurang karena bisa berakibat kembang Ban motor rusak.
Gunakan Selalu Sparepart Asli
Lebih baik mahal sedikit, tapi puas dan tahan lama daripada memakai yang tidak asli, meski murah tapi tapi daya tahan kurang.
So tidak sulit bukan, asal anda rajin merawat motor dengan benar pasti motor kesayangan Anda senatiasa tampil prima.
Sabtu, 29 September 2012
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar